Langsung ke konten utama

[Review] #AboutLove by tere liye


Judul: #AboutLove
Pengarang: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 128 Halaman
Terbit: Cetakan Kelima, Oktober 2016

Buku Tere Liye yang terbit di pasaran didominasi oleh fiksi dan sebagian besar terdiri dari novel. Tere Liye hanya pernah memublikasikan dua kumpulan cerpen dan dua kumpulan kutipan. Hampir 25 buku lainnya bergenre novel, #AboutLove adalah salah satu buku kutipan karya Tere Liye. Buku ini menyajikan tulisan-tulisan Tere Liye yang ia himpun dari karya-karya fiksinya. Semua kutipan bertema cinta. Ada yang terasa menyindir, menggurui, bahkan jenaka, #AboutLove memang buku yang sederhana sekali.

Buku ini tidak hanya sekadar kumpulan kata-kata karena desain yang disajikan di dalamnya sungguhlah menarik. Pembaca bisa menemukan beragam kutipan yang disajikan per halaman. Layout atau tampilan dari setiap kutipan-kutipan berbeda satu sama lainnya. Hal ini menghindari kebosanan yang bisa dialami pembaca. Sang desainer yaitu Orkha Creative menyajikan tipografi huruf dan latar belakang yang beraneka rupa dan tentu saja berwarna. Hal ini memberikan kesan bahwa buku ini memanglah jauh dari membosankan.

Hal yang perlu pembaca resapi ketika membaca buku ini adalah setiap kutipan-kutipannya merupakan buah karya Tere Liye bertema cinta. Hal ini tentu saja cocok dibaca oleh pembaca yang hatinya tengah berbunga-bunga. Baik pembaca remaja, atau dewasa muda bahkan layak membaca setiap kutipannya. Buku ini memang dipersembahkan untuk mereka yang tengah jatuh cinta. Kutipan-kutipannya cocok untuk dimaknai satu per satu.

Namun, banyak juga terselip berbagai sindiran di dalam buku ini. Beberapa tampak mencolok dan sangat membuat pembaca tersindir jika pembaca tengah dalam kondisi yang galau. Misalkan saja kutipan tentang cinta yang simple. Bahwa jika cinta itu rumit berarti itu bukanlah cinta. Karena tentu saja cinta itu sederhana sehingga para pencinta tak perlu dibuat pusing karenanya. Hal ini sangatlah relevan dengan perasaan setiap insan di dunia.

Sungguh pembaca tidak akan merugi jika membaca buku ini. Hal-hal yang sederhana bertema cinta coba dituturkan Tere Liye dalam buku ini. Hal-hal tersebut bukanlah hal yang akan membuat kening  pembaca berkerut melainkan hati pembaca akan lega kala meresapi setiap kata yang telah ditulisan Tere Liye dalam buku ini. Intinya #AboutLove menampilkan hal berbeda dari Tere Liye. Pembaca akan dibuat takjub sebab buku ini bukan sekadar buku kutipan belaka, melainkan karya istimewa sang penulis.[]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)