Langsung ke konten utama

[Review] The Alchemist by Paulo Coelho


Judul: The Alchemist
Penulis: Paulo Coelho
Penerbit: Gramedia
Terbit: Edisi Revisi, November 2015
Tebal: 220 Halaman

Novel The Alchemist menceritakan petualangan spiritual mendebarkan yang dialami oleh tokohnya bernama Santiago. Dia adalah remaja lelaki Spanyol yang berprofesi sebagai pengembala. Santiago memilih menjadi pengembala domba karena ia memutuskan mimpi ayahnya yang ingin Santiago menjadi pastor. Remaja laki-laki itu ternyata malah berkeinginan menjelajah dunia. Saat itu hanya profesi pengembala yang bisa mewujudkan mimpinya. Untungnya, sang ayah merelakan Santiago pergi dengan mimpinya.

Tak ada yang istimewa dalam hidup Santiago saat itu. Hingga saat ia berada di alun-alun kota, ia tersentak dengan mimpinya mengunjungi piramida-piramida Mesir. Maka ia meminta bantuan wanita Gipsi menafsirkan mimpi aneh Santiago. Santiago pergi dengan ragu sebab si peramal Gipsi berkata bahwa Santiago akan menemukan harta karun yang melimpah. Santiago kembali terkejut saat seorang lelaki tua mengatakan hal yang sama padanya. Orang ini malah memberitahu Santiago bahwa ia sudah dekat dengan mimpinya. Lelaki tua memberi dua batu petunjuk. Benda itu akan mengubah hidup Santiago drastis.

Perjalanan mencari harta karun tidak mudah. Santiago melakukan perjalanan berat di gurun sahara Mesir. Dia ikut karavan dan menjadi kawan seorang Inggris yang kutu buku. Si Inggris berkata bahwa ia ingin bertemu sang alkemis yang mampu mengubah besi jadi emas dan telah berumur 200 tahun. Santiago pun bertemu banyak rintangan dari mulai perang tak berkesudahan di padang pasir, cuaca ektrem di sana, hingga gadis yang kelak dicintainya.


Novel ini memuat makna filosofis yang dalam. Terutama nilai spiritualnya yang dijelaskan lewat banyak metafora yang mengagumkan. Semua hal itu ditampilkan juga lewat banyak kejadian ajaib yang menimpa Santiago. Dari mulai bertemu sang alkemis yang bijaksana dan hebat sampai bertemu pasukan suku yang memaksa Santiago berubah menjadi angin. Semakin dalam perjalanan Santiago, ia bisa merasa dirinya makin dekat dengan Tuhan. Ia mulai bisa mengenali bahasa universal, jiwa dunia, dan mulai meresapi makna kehidupannya. The Alchemist adalah bacaan bermutu yang sayang untuk dilewatkan. Lewat kisah di novel ini, kita akan semakin mengerti pentingnya mencapai mimpi kita yang paling sejati dan kita akan sadar bahwa kebenaran paling hakiki adalah saat kita paham tanda-tanda kebesaran Sang Pencipta yang tersebar di sekitar kita.[]  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)