Langsung ke konten utama

[Review] ALL YOU NEED IS LOVE by Pongki Pamungkas


Judul: ALL YOU NEED IS LOVE
Penulis: Pongki Pamungkas
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Tebal: 248 Halaman
Terbit: Oktober, 2015
ISBN: 978-979-91-0958-3
Buku managemen pertama yang aku baca. Itulah All You Need Is Love. Buku ini ditulis oleh Pongki Pamungkas, dia adalah profesional yang telah mengabdi 30 tahun di Astra. Hemm .. rasanya buku ini adalah buku menggugah pertama yang aku baca.
Buku yang Pak Pongki tulis ini adalah buku kumpulan esai. Sebagian besar, bahkan seluruh esainya merupakan tulisan-tulisan yang telah hadir di beberapa media cetak nasional. Tak diragukan, tulisan-tulisannya sangat ajaib, bergizi, namun tidak menggurui. Beragam macam topik ia bahas di buku ini, dengan tone menenangkan.
Setidaknya, bukunya ini dibagi menjadi empat bagian besar yang terdiri dari Love, Life, Management, dan Wisdom. Setiap bagian terdiri dari 11-15 esai yang apik. Menurutku setiap tulisan Pak Pongki terasa sekali bukan tulisan yang dangkal, selain menuturkan suatu hal dari sudut pandangnya, ia pun menyelipkan berbagai kutipan dari orang-orang terkenal yang arif, tentu yang ada kaitannya dengan tema esai Pak Pongki.
Sebut saja di bagian bab enam pada unit Management, Pak Pongki membahas mengenai birokrasi. Dibuka dengan pernyataan Jokowi yang mengeluh seputar PPD di Jakarta, saat ia tengah menjabat sebagai gubernur. Jokowi mengeluh soal birokrasi di Jakarta yang bertele-tele. Lalu Pak Pongki menanggapinya dengan arif, bahwa birokrasi layaknya ‘unggas yang bisa terbang’, jika ditekan akan membuatnya sesak, tapi jika dilonggarkan akan membuat segalanya jadi semrawut. Namun, ia pun memberikan perspektif bahwa memang birokrasi begitu adanya, khususnya di Indonesia yang kadang ‘dicurangi’ dengan duit. Ia memberikan istilah bahwa kadang meminta maaf lebih mudah daripada minta izin, jadilah banyaknya prosedur alias birokrasi sering dilanggar.

            Selain itu banyak hal-hal yang dekat dengan kita coba dibahas oleh Pak Pongki. Ia benar-benar bisa membawa tulisan-tulisannya di buku ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca, khususnya pembaca-pembaca yang selama ini polos, artinya jarang membaca buku-buku semacam ini, contohnya aku ini, hehe. Pokoknya buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca, karena pemikiran-pemikiran Pak Pongki ajib![] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)