Langsung ke konten utama

[Review] Misteri Taman Berhantu by Fita Chakra


Judul: Misteri Taman Berhantu
Penulis: Fita Chakra
Penerbit: Kiddo
Terbit: Cetakan Pertama, April 2014
Tebal: 137 Halaman

Sekitar Oktober 2015 saja berjalan-jalan di Gramedia Istana Plaza Bandung. Saat itu saya iseng ke rak buku anak. Saya menemukan satu buah novel teronggok tak berdaya karena plastik pembungkusnya telah raib, novel tersebut masih dalam keadaan bagus meski tanpa bookmark.

Saya langsung comot deh novel tersebut. Judul novel itu adalah Misteri Taman Berhantu. Merupakan keluarga dari seri Misteri Favorit penerbit Kiddo. Novel ini mengisahkan layaknya novel-novel investigasi Misteri Favorit lainnya.

Kalau novel-novel karangan Yovita Siswati di Misteri Favorit lebih fokus ke pencarian harta karun, novel Misteri Taman Berhantu membahas hal yang berbeda. Agak-agak mirip dengan novel Misteri Tambang Menggerung, namun unsur budaya di novel ini tidak terlalu diangkat.

Si kembar Laras dan Sekar akan mengunjungi taman kupu-kupu Bantimurung. Mereka terlihat baik-baik saja hingga akhirnya mereka harus berkenalan dengan Amel, anak baru misterius yang selalu berhasil menebak hal yang akan terjadi. Ditambah banyak kerusuhan yang membuat Laras dan Sekar tidak aman, terlebih di kawasan taman itu banyak kejadian aneh, dimulai dari aksi dikejar hantu yang melayang di langit, serta puncaknya lenyapnya Laras. Diduga ia diculik hantu!

Sejujurnya yang saya sukai dari novel ini adalah karena temanya membahas mengenai lingkungan. Spesifiknya, novel ini mengangkat isu pengawetan kupu-kupu beserta penjualan ilegal awetan serangga-serangga cantik itu. Tema itu bisa melebur dengan konflik muculnya hantu saat Laras, Sekar, dkk mengadakan konservasi di sana, tetapi jujur plot ini mengingatkan saya pada kartun Scooby Doo yang sewaktu kecil menjadi tontonan favorit saya. Klise. Tetapi hal itu bisa diselamatkan dengan aksi-aksi berani anak-anak di novel ini, terutama peran Amel si gadis berkemampuan lebih, kehadirannya menarik perhatian saya untuk terus membaca novel ini.

Kelebihan novel ini tentu saja terletak pada adanya ilustrasi beserta informasi yang berkesinambungan dengan jalan cerita. Agaknya hal ini memang merupakan kelebihan paten novel-novel yang dilabeli Misteri Favorit, serial unggulan dari penerbit Kiddo.

Kekurangannya terletak pada tulisan di ilustrasi yang terlalu kecil. Bisa lebih baik jika dicetak dengan font yang lebih natural dengan ukuran pas.


Buku ini meskipun ceritanya sederhana padahal novel investigasi, tetapi kontennya bagus untuk dibaca anak-anak. Selain menambah pengetahuan, anak-anak akan sekaligus mendapatkan moral value mengenai pentingnya menjaga setiap komponen yang ada di lingkungan sekitar, agar hidup manusia sejahtera tanpa melupakan kehadiran makhluk hidup lainnya yang juga penting.[] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)