Langsung ke konten utama

[Review] Misteri Kota Lautan Api by Yovita Siswati



Judul: Misteri Kota Lautan Api
Penulis: Yovita Siswati
Penerbit: Kiddo
Tahun Terbit: Agustus, 2015
Tebal: 193 Halaman

Saat Raka masuk ke ruangan kerja ayahnya, ia menemukan sebuah iklan misterius berisi pencarian orang hilang. Lalu ketika Raka dan ayahnya pergi ke Bandung dan menginap di salah satu vila di sana, ayahnya tiba-tiba saja lenyap tanpa bekas. Raka yang sedih tidak mau larut dalam kemalangannya, ia mencari ayahnya.

Ia mendapatkan bantuan dari Lilis, anak penjaga vila. Lilis merasa simpatik dengan kesialan Raka. Berdua mereka mencoba mencari jejak ayahnya yang lenyap, dan satu buah petunjuk mengantarkan mereka ke petunjuk lainnya. Raka berhasil memecahkan sandi yang disinyalir dari ayahnya.

Namun, Raka dan Lilis tidak akan serta merta mulus menjalankan misi mereka, beberapa penjahat akan membututi mereka sepanjang perjalanan mencari clue-clue selanjutnya, Raka dan Lilis bahkan hampir saja disekap di Jalan Braga saat mereka tengah menginvestigasi, lalu apa selanjutnya?

Membaca Misteri Kota Lautan Api, jujur saja membuat saya terkesima dengan plot yang dibuat oleh penulisnya. Di novel ini, investigasi berbaur dengan misteri yang ada di dalamnya sungguhlah runyam, saya rasa ketika novel ini disodorkan pada anak-anak, mereka masih bisa kok tetap menikmatinya.

Banyak kejutan sepanjang cerita, terutama hal-hal terkait kepingan-kepingan puzzle yang digunakan penulis baik untuk mengembangkan cerita maupun mengecoh pembacanya. Menurut saya hal ini sah-sah saja ketika semua unsurnya bisa dipadu-padankan dengan baik, membuat cerita makin berisi.

Selain itu, banyak ilustrasi seperti halnya di novel Misteri Favorit lain, tak lupa gambar-gambar ilustrasi itu disematkan dengan teks-teks yang mendukung. Beberapa contohnya sebagai berikut.





Untungnya, font di ilustrasinya sudah lebih jelas dibanding pada novel-novel sebelumnya, ini sebuah kemajuan.

Namun, menurut saya beberapa clue terlalu rumit untuk diberikan pada anak-anak, saya kira penulis bisa lebih baik di buku selanjutnya.

Novel ini sangat recommended untuk dibaca di kala senggang. Terlebih untuk anak-anak, karena banyak pengetahuan di dalamnya yang disampaikan lewat mengombinasikannya dengan jalan cerita, membuat pembaca bisa sekaligus menemukan dua hal: cerita dan ilmu.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)