Langsung ke konten utama

[Resensi+Giveaway] Sweet Karma

Penulis: Ayudewi       
Penerbit: GagasMedia    
Tahun terbit: 2015
Tebal: 300 halaman                        
Editor: Yuke Ratna P. dan Jumali A.

        Buku Sweet Karma menceritakan kisah dari sebuah gastropub di Kota Marlow, Inggris. The Gourmet Earl adalah sebuah restoran yang dibangun sejak tahun 2011 oleh Hugo Pierre dan Rupert Robertson. Keduanya memiliki sifat yang berlawanan namun saling melengkapi. Rob yang penyabar dan memiliki jabatan sebagai manager di The Gourmet Earl, sedangkan Hugo bersifat keras kepala dan pemarah yang mana dia adalah seorang kepala chef di restoran berbintang satu Michelin itu. Keduanya punya perjanjian tak tertulis ketika mendirikan The Gourmet Earl; yaitu tidak mendatangkan dan mempekerjakan chef wanita di dapur, karena masa lalu kelam Hugo memiliki hubungan dengan itu.

    Tetapi, Rob sudah tidak tahan lagi dengan sikap arogan Hugo yang selalu dengan seenaknya memecat bawahannya di dapur gastropub itu. Akhirnya, Rob menghubungi Audrey Larasati yang saat itu di Indonesia dia tengah menjadi executive chef di Alinea9. Audrey yang merasa tertekan karena terus disudutkan keluarganya untuk cepat menikah, akhirnya menerima tawaran sahabat baiknya, Rob. Apakah kehadiran Audrey dapat mengubah watak Hugo yang seperti batu? Apakah wanita itu akan kuat ketika bekerja di dapur gastropub The Gourmet Earl?

    Membaca novel ini kita akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai kuliner. Berbagai macam bahan makanan disebutkan dengan pendeskripsian yang apik. Tetapi, tidak hanya itu, karena penulis pun mengangkat dan mengeksplorasi setting tempat dengan baik. Kota Marlow digambarkan dengan tuturan yang unik sebagai salah satu kota tempat para sastrawan-sastrawan tingkat dunia bermukim, seperti T. S Eliot, Jerome Klapka Jerome, dan Mary Shelley.

    Mengenai unsur-unsur  intrinsiknya sendiri, novel debut karya Ayudewi ini terasa komplit. Dari segi perwatakan setiap tokohnya memiliki karakter yang saling mendukung. Hugo sebagai executive chef di The Gourmet Earl digambarkan arogan, pemarah, dan seenaknya saja bertindak meskipun dia sangat ahli dalam meracik hidangan-hidangan spektakuler, Audrey digambarkan sebagai wanita yang keras kepala pula namun dia masih memiliki batas kewajaran dalam bertindak karena nyatanya dia sedang tinggal di negeri orang lain, dan tentu saja Rob yang notabene sahabat Hugo sekaligus Audrey, dia berwatak penyabar dan bijaksana.

    Meskipun buku ini tebalnya mencapai tiga ratus halaman pas, tetapi segala komponennya terasa lengkap dan sesuai presisi standar sebuah novel. Sweet Karma mencoba menyampaikan pesan kepada pembaca mengenai upaya memaafkan masa lalu yang harus ditempuh dengan cara paling sederhana yaitu memaafkan diri sendiri terlebih dahulu. Pun, buku ini mengajak kita untuk senantiasa menjadi manusia utuh dengan bekerja keras tanpa menghalalkan segala cara. Intinya, novel ini layak dibaca untuk siapa pun yang menginginkan referensi bacaan sastra menarik yang di dalamnya diiringi dengan banyak pengetahuan baru. Sweet Karma hadir dengan menampilkan dunia ketidaksempurnaan seorang chef profesional, kisah tersebut terasa legit karena dilapisi unsur romansa yang padu, namun terasa tidak berlebihan karena fokus sang penulis buku ini adalah menyajikan cerita lewat plot yang mengalir.[]


GIVEAWAY 

Yuk sekarang waktunya giveaway nih, hadiahnya novel Sweet Karma-nya @ayudewi382. Tersedia satu copy buku Sweet Karma yang kondisinya masih bagus nih, meskipun lem perekat bagian atasnya kurang kuat plus kupon deadly sins-nya udah gak ada. Syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut. 
1. Peserta beralamat di Indonesia 
2. Peserta wajib memfollow @ayudewi382 dan @dedulfaithful 
3. Peserta harus menjawab pertanyaan ini lewat twitter, silahkan untuk jawaban sendiri jumlahnya tidak dibatasi/boleh jawaban panjang yang bersambung di tweetnya masing-masing. 

 Pertanyaannya adalah apa yang akan kamu lakukan jika harus bekerja dengan orang yang terlampau sensitif, pemarah, disiplin, dan selalu mengintimidasimu? Jawaban jangan lupa disertai tagar #GASweetKarma (tidak perlu mention @ayudewi382 dan @dedulfaithful) 

4. Jawaban maksimal ditweet sampai tanggal 30 Juli 2015 pukul 23.00 WIB. 
5. Pengumuman satu orang yang beruntung adalah tanggal 1 Agustus 2015 pukul 23.00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)