Langsung ke konten utama

Novel Sastra Menakjubkan


 

Sinopsis

Ada surat panjang yang terlambat sampai.
Tanpa nama pengirim, dan hampir basah oleh tempias hujan.

*

Sejak kecil kita berdua merasa diri kita adalah alien-alien yang tersesat ke Bumi.

Pria itu sudah melupakan seorang teman masa kecilnya saat sebundel amplop itu sampai di beranda rumah.

Kalau kau perlu tahu, aku hanya punya satu macam mimpi. Aku ingin tinggal di rumah sederhana dengan satu orang yang benar-benar tepat. Bila memang aku harus mencurahkan seluruh perhatianku, kepada satu orang itulah hal itu akan kulakukan.


Ia bahkan sudah melupakan mimpi-mimpi masa kecil mereka.

Berpuluh-puluh tahun lamanya, bahkan sejak kali pertama bertemu, aku telah memilihmu dalam setiap doaku. Sesuatu yang tak pernah kauketahui bahkan hingga hari ini. Dan bila kau suruh aku pergi begitu saja, di usiaku yang lebih dari empat puluh ini, aku mungkin telah terlambat untuk mencari penggantimu.

Dan ia tak tahu teman masa kecilnya itu masih mencintainya.

*

Surat-surat itu menarik pria itu ke masa lalu.
Hingga ia tahu, semuanya sudah terlambat.

Review
Adalah sebuah buku yang dinobatkan sebagai pemenang unggulan lomba novel bergengsi DKJ tahun 2012, disingkat SPTJKYJTC merupakan buku yang sangat unik bagi saya kerena buku ini disusun dari sebanyak 37 surat yang isinya didominasi suasana getir tokoh utamanya yang kerap kali menyebut seseorang yang hampir dimilikinya di masa lalu sebagai tuan alien. Maka, bisa dibilang kalo penulis surat dalam buku ini (bukan penulis tulen aslinya a.k.a Dewi Kharisma Michellia) adalah korban kesunyian bertahun-tahun yang selalu bersikap tegar padahal sebenarnya sulit untuk tak bisa menahan air mata ketika ia harus dihadapkan pada kondisi mengenang masa lalu secara terus-menerus.

Ini adalah kali pertama saya membaca buku bergenre sastra dari Penerbit Gramedia, dan jujur saja ada rasa kekhawatiran karena barangkali saya akan kecanduan membeli buku-buku sejenis karena saya pikir buku-buku yang setipe dengan novel SPTJKYJTC memiliki banyak muatan yang bermanfaat, tidak hanya amanah yang benar-benar disajikan apik, melainkan nilai-nilai lain seperti filosofi, keberagaman budaya yang diserbukkan oleh penulisnya, sejarah yang kadang malu-malu dituliskan di masa lalu dirangkai dan ditampilkan secara berani, dan tentu saja konten buku itu sendiri yang kesannya simple but elegant.
SPTJKYJTC adalah sebuah novel yang menceritakan perempuan berusia 41 tahun yang tengah bernostalgia dengan masa lalunya, lewat surat-surat yang dituliskannya sendiri yang kadang menarasikan keluarganya, kehidupan di sekitarnya, bahkan sejarah, dan tentu saja keterkaitannya dengan tuan alien, yang faktanya tuan alien adalah cinta pertamanya dan selamanya, sayangnya tuan alien tak pernah terjangkau. Namun, bisa dibilang 70% buku ini menceritakan kehidupan personal nyonya alien yang berkutat pada pikirannya, bukan tentang hubungan hatinya saja. Saya bisa menggarisbawahi hal-hal yang kiranya nyonya alien dambakan dari kehidupannya seperti sebenarnya ia menyesal tinggal sendirian di apartemen, ia sebenarnya ingin hubungan dengan ayah ibunya baik-baik saja, dan yang paling vital adalah ia ingin mendapatkan seseorang yang dapat membuatnya bahagia setelah ia tahu tuan alien tidak mampu ia raih sampai kapanpun.
Selain itu dengan kata-katanya yang cukup getir, dalam novel ini juga dijelaskan bagaimana sebuah perasaan yang harus ditahan ketika mencintai orang tak sepatutnya kita cintai. Penggambaran kesedihan nyonya alien sungguh memuaskan kala alur dalam novel ini bercerita nyonya alien harus diputuskan secara sepihak oleh pria yang ia coba cintai, padahal dalam waktu yang sama pula ia terus mendengar kabar yang membuat hatinya makin merapuh, tentang kabar tuan alien yang telah menikah dan mengundangnya tanpa rasa berdosa, juga tentang keluarganya yang sedikit mengalami kegoyahan meskipun ia memutuskan untuk hengkang dari kampung halamannya pulau dewata ke ibukota untuk menjalani rutinitas padat yang sebenarnya ia tak pernah inginkan, karena sekali lagi impiannya hanya ingin tinggal satu rumah dengan tuan alien.
Menurut saya, pengarang buku ini mampu menjelaskan secara berkala bagaimana watak nyonya alien secara perlahan-lahan berkembang dan klimaksnya meledak lewat untaian 37 suratnya. Lebih dari itu menurut saya pengarang ingin menyampaikan sebuah kemungkinan bagaimana jika dirinya sampai usia lanjut tak kunjung mendapatkan pendamping hidup. Kenapa? Ya, karena memang dalam surat nyonya alien secara bertutur selalu mengungkapkan perasaannya jika ia begini, jika ia begitu, dan lain-lain. Karya ini menurut saya adalah perwujudan mimpi pengarangnya sendiri jika ia akan hidup melajang selamanya.
Buku ini juga merupakan metamorfosis genre-genre novel DKJ. Menilik sejarah, biasanya buku-buku DKJ selalu menitikberatkan pada realita pahit yang sedang booming di Indonesia, seperti yang diungkap para penulisnya, sebut Tanah Tabu karangan Anindita yang mengeksplorasi kehidupan dan nilai lokal di daerah timur sana atau Saman karangan Ayu Utami yang mengelaborasi kehidupan zaman krismon dengan pemikiran-pemikiran tokoh-tokohnya yang sedikit 'nakal'. Sedangkan, SPTJKYJTC sendiri tampil dengan rasa sedikit surealnya yang mampu dikombinasikan dengan fantasi kemungkinan yang logis yaitu bagaimana sikap seorang wanita yang pura-pura teguh dengan keadaan yang melingkupinya bagai kabut yang tak kunjung redup.
Saya sangat merekomendasikan SPTJKYJTC  sebagai referensi koleksi sastra lokal yang wajib dimiliki, karena bagaimanapun karya yang jempolan patut untuk diketahui secara luas. Agar suatu saat nanti ada karya yang lebih baik lagi demi kemajuan sastra Indonesia. Dan tentu saja tujuan akhirnya agar karya anak bangsa bisa dinikmati pula oleh dunia luar, karena karya sastra anak bangsa pun bisa bersaing di kancah Internasional. Menurut saya, SPTJKYJTC adalah karya yang mumpuni.[]

Judul: Surat Panjang Tentang Jarak Kita Yang Jutaan Tahun Cahaya
Pengarang: Dewi Kharisma Michellia
Penerbit: GPU
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 240 halaman
Terbit : Juni 2013
Cover : Softcover
ISBN : 978-979-22-9640-2
No Produk : 40101130042

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Sex/Life Season 1 (Review Sex/Life, Series Barat Bertema Dewasa)

 

Ulasan Novel Sang Keris (Panji Sukma)

JUDUL: SANG KERIS PENULIS: PANJI SUKMA PENERBIT: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA TEBAL: 110 HALAMAN TERBIT: CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 2020 PENYUNTING: TEGUH AFANDI PENATA LETAK: FITRI YUNIAR SAMPUL: ANTARES HASAN BASRI HARGA: RP65.000 Blurb Kejayaan hanya bisa diraih dengan ilmu, perang, dan laku batin. Sedangkan kematian adalah jalan yang harus ditempuh dengan terhormat. Matilah dengan keris tertancap di dadamu sebagai seorang ksatria, bukan mati dengan tombak tertancap di punggungmu karena lari dari medan laga. Peradaban telah banyak berkisah tentang kekuasaan. Kekuasaan melahirkan para manusia pinilih, dan manusia pinilih selalu menggenggam sebuah pusaka. Inilah novel pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius. Cerita sebuah keris sekaligus rentetan sejarah sebuah bangsa. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. *** “Novel beralur non-linier ini memecah dirinya dalam banyak bab panja

Resensi Sumur Karya Eka Kurniawan (Sebuah Review Singkat)